Calendar

September 2017
M T W T F S S
« Jan    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Categories

LESSON OF KUNG~FU PANDA

Rutinitas kerja kadang membuat seseorang menjadi merasa bosan dengan keadaan yang yang seperti itu-itu saja.Dari rasa bosan yang ada kadang secara tidak disadari akan menumbuhkan suatu kreatifitas atau keinginan untuk merubah suasana yang membosankan itu.

Begitu juga dengan Po,sipanda jantan gemuk yang kesehariannya bekerja menyiapkan mie di toko milik ayahnya sang bebek.Po memiliki impian menjadi seorang Pendekar Kung~Fu. Maka ketika Po mendengar kabar ada pemilihan Pendekar Naga dipusat pedepokan,diapun ikutan berjuang keras untuk menyaksikannya.

Nah dari perjuangan Po mengejar impiannya menjadi pendekar kung~fu.Dan tak disangka-sangka dalam pemilihan Pendekar Naga, malah Po dinobatkan sebagai Pendekar Naga yang dinanti- nantikan kehadirannya untuk melindungi desa dari balas dendam Tai Lung yang masih dalam penjara. Disini kita bisa mengambil pelajaran filosphi berharga dari film animasi itu, dan diantaranya adalah:

 

1.Kejarlah Impianmu Dan Jangan Pernah Menyerah.

Po, sipanda gemuk yang untuk bergerak saja susah tetapi tidak pernah menyerah untuk mencapai pusat padepokan yang terletak dipuncak gunung dengan beratus-ratus anak tangga untuk mencapainya.Dia tidak menyerah untuk masuk kedalam arena guna menonton pemilihan Pendekar Naga.Dengan terus berjuang dan tak patah semangat mencari inovasi positif agar bisa mencapai tujuannya walau ada kekhawatiran dari sang ayah yang meragukan kemampuannya.Setelah berhasil dengan inovasinya dan akhirnya dia terpilih menjadi Pendekar Naga yang dinanti-nantikan.Banyak kalangan yang meragukan dan tidak percaya terhadap kemampuan dirinya…(pikiran dan pandangan negatif terhadap potensi orang lain)

Tetapi Master Oogway percaya dengan Intuisinya bahwa dengan kemampuan yang masih tersembunyi maka Po akan menjadi yang terpilih.

Kita jangan terhalang oleh pikiran Negatif dari diri kita sendiri.Berjuang terus maju untuk meraih impian.Seperti kata bijak Master Oogway bahwa: Kemarin adalah Sejarah,Besok akan menjadi Misteri dan Hari ini/saat ini adalah Anugrah.Maka jadikanlah Anugrah itu sebagai hadiah emas (gold present).

Jangan biarkan kita selalu dihantui kegagalan masa lalu dan ketakutan akan ketidakpastian masa depan tetapi akan lebih baik bila berjuang dimasa sekarang yang telah dianugrahkan Tuhan Yang Maha Kuasa pada Kita.

2.Untuk Bisa Mengembangkan Orang Lain,Kita Musti Percaya Dengan Kemampuan Orang Lain dan Kemampuan Diri Kita Sendiri.

Ketika Master Oogway memerintahkan Master ShiFu untuk melatih dan mengajari Po menjadi Pendekar Naga,Master ShiFu malah ogah-ogahan dan tidak percaya dengan bakat atau potensi Po dan kemampuan dirinya untuk mengajari Po dalam waktu yang singkat.Tetapi setelah Master Oogway meyakinkan Master ShiFu bahwa Po mempunyai potensi yang tersembunyi untuk menjadi Pendekar Naga dan Master ShiFu adalah guru satu-satunya yang bisa melatih Po dalam waktu singkat.“You Just Need To Believe!” itu kata Master Oogway sebelum moksha.Maka Master ShiFu berbalik seratus delapan puluh derajat percaya setelah dia juga menemukan potensi dari diri Po yang tersembunyi.

Apabila kita sebagai orang tua ataupun guru, hal yang paling harus dihindari adalah memberi label bahwa anak ini tidak punya peluang untuk berubah.Kadang Sangatlah mudah bagi
kita untuk menganggap orang lain tidak punya masa depan. Kesulitan juga acap kali membuat kita kehilangan percaya diri, bahwa kita masih mampu untuk membimbing mereka.Faktor utamanya ada didalam mindset kita. If we are Open Mind dan Believe its can, maka takan ada halangan untuk melakukan sesuatu yang positif.

3.Setiap Individu Belajar Dengan Cara dan Motivasinya Tersendiri.

Tanpa sengaja master ShiFu menemukan bahwa Po baru termotivasi dan bisa mengeluarkan semua kemampuannya, bila terkait dengan makanan. Po tidak bisa menjalani latihan seperti 5 murid jagoannya yang lain. Maka ShiFu mengajari Po dengan keunikan dan motivasi potensi diri Po yang tersembunyi.

Demikian juga dengan setiap kita. Kita ingat ada beberapa gaya belajar yang kombinasinya membuat setiap orang punya gaya belajar yang unik. Hal-hal yang menjadikan motivasi tiap orang juga berbeda-beda. Ketika kita memaksakan keseragaman proses belajar, dipastikan akan ada diantara kita yang mersa dirugikan.

4.Kebanggaan yang berlebihan terhadap anak,murid dan diri sendiri bisa membutakan mata kita tentang kondisi sebenarnya, bahkan bisa membawa mereka ke arah yang salah.

Pada awalnya master ShiFu melatih Tai Lung dan sangat menyayanginya.Tai Lung seekor macan tutul, murid pertamanya, yang ia asuh sejak bayi. ShiFu membentuk Tai Lung sedemikian rupa agar sesuai dengan harapannya. Memberikan impian bahwa Tai Lung akan menjadi Pendekar Naga yang mewarisi ilmu tertinggi. Sayangnya Shi Fu tidak melihat sisi jahat dari Tai Lung dan harus membayar mahal, bahkan nyaris kehilangan nyawanya.

Seringkali kita memiliki image yang keliru tentang diri sendiri,anak, murid kita dan orang lain. Parahnya, ada pula yang dengan sengaja mempertebal tembok kebohongan ini dengan hanya mau mendengar informasi dan konfirmasi dari orang-orang tertentu saja. Ketika kita memiliki persepsi/image yang keliru,kita akan melangkah kearah yang keliru pula.

5. No Gain Without Pain.

Hidup memang penuh kepahitan, tetapi jangan biarkan kepahitan itu tetap tinggal dalam hati kita dan menghantui pikiran kita.

Setelah dikhianati oleh Tai Lung, Shi Fu tidak pernah lagi menunjukkan kebanggaan dan kasih sayang pada murid-muridnya. Kita harus bisa mengambil pelajaran dari setiap kepahitan dan kepedihan yang kita lalui dan dapatkan sehingga kedepannya mendapatkan kehidupan yang bernilai.

6.The secret to be special is you have to believe you’re special.

Ketika akhirnya Po mendapatkan Kitab Naga,tetapi ternyata isinya hanya kosong belaka.Dan itu membuat Po hampir putus asa karena tidak mampu memecahkan rahasianya. Wejangan dari ayahnya-lah bahwa “ramuan rahasia” itu memang kosong adanya tetapi bagaimana/sejauhmana kita bisa mempersepsikan dan mempresentasikan diri kita terhadap permasalahan itu.Sehingga akhirnya Po menemukan pencerahan dan memembuatnya kembali bersemangat dan memandang positif dirinya sendiri. Kalau kita berpikir diri kita adalah spesial, unik, berharga kita pun akan punya daya doronguntuk melakukan hal-hal yang spesial.

7.Keluarga sangatlah penting.

Di saat merasa terpuruk, Po disambut hangat oleh sang ayah. Berkat ayahnya pula Po dapat memecahkan rahasia Kitab Naga dan menjadi Pendekar nomor satu. Pada akhirnya keluarga kadang merupakan segala-galanya.Ketika kita pergi namun pada akhirnya akan kembali juga kepada keluarga. Sekesal atau semarah apapun kita pada keluarga tetapi suatu saat kita akan merindukan hadir ditengah-tengah keluarga.

“You Just Need To Believe“.

*Diambil dari beberapa sumber*

6 comments to LESSON OF KUNG~FU PANDA

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>